"IMC ( komunikasi pemasaran terpadu)"
Adalah proses pengembangan dan implementasi bentuk program komunikasi persuasif kepada pelanggan dan calon pelanggan secara berkelanjutan.bisa dikatakan juga sebagai konsep perencanaan marketing komunikasi yang melibatkan semua bentuk komunikasi yang mempengaruhi konsumen untuk mendapatkan efek komunikasi yang lebih besar lagi.
Bentuk Inti dari IMC
contoh dari brand dalam penggunaaan IMC :
Produk yang saya pilih adalah SUNSILK SHAMPOO
Sunsilk adalah produk UNILEVER tertua di indonesia tetapi dengan berkembang nya waktu Shampoo Sunsilk selalu memberikan inovasi -inovasi yang menghebohkan pasar dengan variant-variant yang inovatif dan membuat pencitraan sunsilk terkesan modern.
Sunsilk sendiri mempunyai 8 varian produk seperti
1.black and shine
2.fall solution 5.soft and smooth 6.bouncy and curl
2.fall solution 5.soft and smooth 6.bouncy and curl
3.anti dandruff
4.clean & fresh 7.damaged treatment 8.sleek and smoth
4.clean & fresh 7.damaged treatment 8.sleek and smoth
target dan segmentasi pasar untuk sunsilk adalah untuk wanita dewasa antara umur 15-25 yang berjiwa trendy,sporty,menyenangkan dan elegant.
-MARKETING COMMUNICATION MIX BRAND SUNSILK :
>> PRODUCT
Sunsilk termasuk salah satu produk shampoo pelopor di indonesia,selalin di kemas secara cantik dan moderen,kualitas nya pun selalu tejaga bahkan sekarang sunsilk mengeluarkan product nya dengan berkolaborasi bersama para tata rambut dunia.'SUNSILK CO-CREATION
>> PLACE
Di mana kita dapat membeli sunsilk?dimanapun kita berjalan kita bisa mebelinya.di setiap warung,supermarket dimanapun.jadi sangatlah mudah untuk mendapatkan shampo sunsilk.
>>PRICE
dengan kualitas yang di katakan sangat baik sunsilk tidak mematok harga yang mahal cukup terjangkau di setiap ukuranya,harga sampo sunsilk kisaran (Rp.5600,00-)90ml,(Rp,11.000,00-)180ml,(Rp. 22.000,00-) 360ml.
>>PROMOTION
promosi atau perkenalan suatu product kepada target consumen yang menghasilkan sebuah awarness yang berlanjut menjadi desire.
Sunsilk mempunyai cara tersendiri dalam mengpromosikan product nya selain dengan iklan tv,media massa dan cetak sunsilk mem punya sebuah kompetisi yang bertujuan untuk mempersuasi orang-orang agar membeli product tersebut
kompetisi-kompetisi yang di buat oleh SUNSILK
>> Dari unsur-unsur yang ada diatas untuk strategi komunikasi nya SUNSILK hanya menggunakan 3 unsur yang akurat PERIKLANAN , PUBLIC RELATION , PEMASARAN INTERNET
Assalamualaikum Inas,
ReplyDeletesecara garis besar materi IMC nya masih belum mendekati tugas yang diberikan, karena seharusnya pointnya lebih ditekankan pada strategi mereka dalam melakukan branding produk Sunsilk di masyarakat melalui bauran komunikasi pemasaran.
Point lebih dari tugas yang sudah dikerjakan adalah adanya tampilan iklan kompetisi yang diadakan Sunsilk, walau seharusnya dijelaskan bahwa kompetisi ini adalah salah satu strategi komunikasi pemasaran mereka dalam hal publisitas / events.
Sunsilk Hair Studio yang baru saja dibuka di Grand Indonesia East Mal lantai 2 juga bisa dimasukkan sebagai strategi komunikasi pemasaran mereka.
Masukkan juga account mereka di FB or twitter sebagai sarana e-communication-nya dan cek apakah account ini selalu di-update.
Dari semua itu akan terlihat apakah mereka sudah melakukan komunikasi pemasaran yang terintegrasi baik secara publisitas, iklan, direct marketing, personal selling maupun e-communication.
Wass, Ade